No ratings yet.

Pengharum Karpet Masjid

Bagaimana cara mencuci karpet masjid yang benar? Karpet biasa dipakai sebagai alas penutup lantai untuk membuat pijakan kaki terasa lebih nyaman. Sebagai tempat beribadah, masjid juga sering dilengkapi dengan karpet. Sehingga orang-orang pun dapat menunaikan ibadahnya dengan khusyuk.

Karpet di masjid mudah sekali kotor. Ini dikarenakan ada banyak sekali orang yang memijak di atasnya setiap hari. Belum lagi desain interior masjid yang biasanya dirancang menggunakan konsep terbuka menyebabkan kotoran mudah masuk. Debu yang beterbangan dengan mudahnya dapat menempel ke permukaan karpet masjid.

Karpet masjid wajib dicuci sampai bersih secara berkala. Ingat bahwa kebersihan merupakan sebagian dari iman. Karpet yang senantiasa dijaga kebersihannya akan terbebas dari bakteri, kuman, dan bibit penyakit. Daya tahan karpet tersebut pun semakin lama karena kondisinya tetap terjaga dengan baik. Namun karena ukurannya sangat besar, mencuci karpet masjid bukanlah pekerjaan yang mudah.

Pengharum karpet masjid

Di bawah ini langkah-langkah yang perlu Anda lakukan!

1. Untuk menghilangkan bulu-bulu atau rambut yang menempel pada karpet, anda bisa membersihkannya dengan sapu lidi secara rutin, supaya tidak menumpuk yang bisa menyebabkan kesulitan membersihkannya nanti.

2. Mengubah posisi karpet minimal 3 (tiga) bulan sekali supaya karpet yang memang sering terinjak dari kaki bisa berganti. Cara praktis ini, anda bisa melakukannya sendiri tanpa perlu bantuan jasa laundry. Kualitas karpet anda akan senantiasa terjaga & aman untuk kesehatan keluarga anda.

3. Apabila setelah wudhu, sebelum menginjak karpet, pastikan kaki benar-benar kering supaya tidak menimbulkan bau yang tidak sedap pada karpet

4. Apabila karpet sudah mengeluarkan bau yang tidak sedap, segeralah untuk menjemurnya di bawah sinar matahari, namun cara tersebut juga jangan terlalu sering dilakukan karena membuat warna karpet menjadi pudar. Apabila memang sudah terlanjur pudar, anda bisa menaburkan garam di area warna karpet yang pudar tersebut. lalu diamkan selama 1 jam kemudian dibersihkan dengan penyedot debu.

5. Untuk kotor karpet yang membandel, gunakan lap yang sudah dibasahi dengan air lalu tekan pada kotor yang membandel tersebut. Hal ini bisa mengangkat kotoran terserap pada lap tersebut. ulanglah beberapa kali sampai kotor membandel hilang

karpet adalah salah satu komponen interior bukan hanya di rumah namun masjid & mushola pun kini telah banyak memanfaatkannya. Bukan hanya sebagai alas ketika akan melakukan ibadah, namun akan mempercantik masjid atau mushola supaya makin banyak orang yang giat beribadah, Insya Allah.

Apa yang Menyebabkan Karpet Masjid Kotor?

Karena diletakkan di tempat ibadah umum maka sudah pasti resiko karpet masjid akan cepat sekali kotor, berbau bahkan terkena berbagai macam noda. Apabila terlalu lama dibiarkan tanpa dibersihkan secara rutin maka bisa menganggu pemandangan serta aktivitas religi di dalamnya. Penyebab barang tersebut kotor bisa dikarenakan banyak faktor, mulai dari bentuknya debu atau kotoran padat, cairan, dan sebagainya. Adapun beberapa diantaranya seperti bekas makanan ataupun minuman tumpah, sisa tanah dari alas kaki, air bekas wudhu bercampur dengan debu, rambut dan masih banyak lagi.

baca juga : Karpet masjid tebal

harga karpet masjid di makasar

Sementara itu ada pula kebiasaan masyarakat atau pengguna masjid yang seringkali kurang diperhatikan sehingga membuat karpet cepat kotor. Salah satunya tidak membersihkan sisa air di bagian kaki dengan benar sehingga mudah terserap dalam kain karpet dan membuat keadaannya lembab. Dari situlah muncul kuman dan bakteri penyebab bau tak sedap serta jamur yang membuatnya bewarna kusam bahkan muncul bercak-bercak kehitaman. Kemudian kebiasaan orang membawa makanan ataupun minuman saat pergi shalat. Meskipun tidak dikonsumsi tetapi ditaruh di sebelah mereka saat beribadah sehingga beresiko tumpah atau menetes ke permukaan karpet.

Please rate this

Pengharum Karpet Masjid

Call Now